Berita

Latihan Tertib Berlalu Lintas, Siswa MAN 1 Bantul Ikuti Pelatihan Safety Riding

Sabtu, 21 September 2019 / Berita

Bantul (MAN 1) – Ditlantas Polda DIY menyelenggarakan program Road Safety dengan kegiatan Safety Riding bagi siswa MAN 1 Bantul untuk memberikan pengetahuan tentang peraturan dan keselamatan dalam berkendara. Acara tersebut diikuti oleh seluruh siswa kelas XI dan berlangsung di Pendopo Kompleks Pemda II Bantul pada Kamis (19/9) pukul 07.00 sampai 13.00 WIB.

Menurut Wakil Kepala Madrasah bidang Humas, Edi Triyanto, S.Ag., S.Pd., M.Pd., kegiatan safety riding ini kerja sama antara MAN 1 Bantul dengan Polda DIY. “Safety riding merupakan bagian dari pembelajaran nilai dan norma sosial. Peserta didik dajak memahami pentingnya tertib berlalu lintas, karena dengan tertib di jalan raya, akan mengurangi risiko kecelakaan. Keselamatan berlalu lintas menjadi prioritas bagi setiap individu pengguna jalan raya,” tandasnya.

Direktur Lalu Lintas Polda DIY, Kombes Pol Tri Julianto Djati Utomo dalam sambutannya menyampaikan bahwa perbandingan jumlah kecelakaan lalu lintas tahun 2018 dengan 2019 pada semester satu mengalami peningkatan cukup tinggi yaitu sebesar 31,7 %. “Acara safety riding merupakan upaya kita untuk menurunkan angka kecelakaan adalah melatih siswa tertib berlalu lintas serta terampil dan mampu mengemudikan kendaraan,” ungkapnya.

Pelanggaran lalu lintas masih didominasi anak usia 16 sampai 30 tahun dengan profesi pelanggar yaitu pelajar dan karyawan. Jenis pelanggaran yang paling banyak adalah melanggar rambu-rambu lalu lintas, tidak menggunakan helm, tidak menggunakan sabuk keselamatan, melawan arus, melebihi batas kecepatan,  berkendara sambil menggunakan HP, dan mengendarai dalam keadaan mabuk. “Saat ini banyak pengendara sepeda motor yang belum tau cara mengendarai dengan benar dan belum memahami cara berkendara yang aman baik untuk diri sendiri maupun pengguna jalan lainnya. Kesadaran masyarakat pengguna jalan masih perlu ditingkatkan,” tambahnya.

 

Melalui kegiatan safety riding ini diharapkan siswa MAN 1 Bantul memiliki pengetahuan berkendara antara lain cara berkendara dengan selamat sebagaimana yang diatur oleh UU Nomor 2 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. “Kami mengharapkan siswa MAN 1 Bantul untuk selalu mematuhi peraturan dan tata tertib lalu lintas, menjadi pelopor keselamatan berlalu lintas, mengutamakan keselamatan berlalu lintas saat berkendara di jalan,” pungkasnya mengakhiri sambutan dan membuka kegiatan safety riding secara resmi.

Kegiatan selanjutnya diisi materi dan praktik terkait asuransi kecelakaan, rambu-rambu lalu lintas, marka jalan, peraturan lalu lintas, dan cara berkendara yang baik. Empat orang siswa MAN 1 Bantul juga melaksanakan praktik berkendara dengan baik, yaitu Rizqi kelas XI IPS 2, Erik kelas XI MIPA 1, Amalia Kelas XI Agama, dan Sulva kelas XI Agama. (mary)

    Kirim Komentar

    IT Center MAN 1 Bantul - All Rights Reserved. Designed and Developed by Developed by Citraweb