Workshop Perangkat Pembelajaran Kurikulum Merdeka MAN 1 Bantul: Asesmen dan Penilaian Fase F

Bantul (MAN 1 Bantul) – Kelanjutan dari workshop sebelumnya, pada Selasa (5/12/2023), MAN 1 Bantul kembali menyelenggarakan workshop perangkat pembelajaran Kurikulum Merdeka dengan fokus pada topik asesmen/penilaian pada fase F. Workshop ini digelar di Ruang Media MAN 1 Bantul dan diikuti oleh seluruh guru dari sekolah tersebut.

Seperti pada hari sebelumnya, narasumber utama pada workshop kali ini masih dipegang oleh Pengawas Madrasah, Heni Prilantari, M.Pd., yang memberikan wawasan mendalam terkait asesmen dan penilaian pada fase F Kurikulum Merdeka. Peserta workshop sangat antusias mengikuti materi yang disampaikan, menyimak dengan penuh perhatian setiap detail yang dibagikan.

Acara ini dibuka dengan sambutan hangat dari Kepala MAN 1 Bantul, Khoiriyatun, S.Pd., M.Sc. Beliau menegaskan pentingnya workshop ini dalam mempersiapkan guru-guru dalam menghadapi dinamika pendidikan yang terus berkembang, terutama terkait strategi asesmen dan penilaian yang sesuai dengan Kurikulum Merdeka.

“Narasumber yang hadir hari ini telah memberikan wawasan yang berharga bagi kita semua. Asesmen dan penilaian adalah elemen penting dalam mengevaluasi pemahaman siswa terhadap pembelajaran. Kita berharap workshop ini memberikan pemahaman yang lebih dalam bagi guru-guru MAN 1 Bantul,” ujar Khoiriyatun, S.Pd., M.Sc., dalam sambutannya.

Melalui diskusi yang cair dan interaktif, guru-guru mendapat kesempatan untuk berbagi pemikiran, pengalaman, dan ide terkait implementasi asesmen dan penilaian pada fase F Kurikulum Merdeka. Pertukaran informasi ini menjadi langkah penting untuk merumuskan strategi yang efektif dalam menilai kemajuan belajar siswa.

Workshop ini merupakan bagian dari upaya MAN 1 Bantul dalam meningkatkan kualitas pendidikan yang mengacu pada Kurikulum Merdeka. Asesmen dan penilaian yang efektif menjadi fondasi penting dalam mengevaluasi hasil pembelajaran, sehingga dapat memberikan gambaran yang jelas mengenai pemahaman siswa dan upaya peningkatan pembelajaran di masa depan. (mry)