Visi Misi

Visi, misi, dan tujuan madrasah merupakan arah dan panduan bagi setiap individu maupun aspek kegiatan di madrasah. Seluruh individu baik siswa, guru, staf maupun karyawan harus memahami dan menjiwai visi misi madrasah agar dapat berjalan beriringan untuk dapat mencapai satu tujuan yang sama. Melalui visi dan misi yang diterjemahkan ke setiap aspek kegiatan madrasah sehingga mampu menghasilkan lulusan berkualitas yang mampu berperan aktif dalam perkembangan dunia.

A. Visi MAN 1 Bantul

Pendidikan yang diselenggarakan oleh madrasah dalam upaya untuk mewujudkan visi MAN 1 Bantul membentuk siswa yang Cerdas, Islami, Terampil, Rajin, Amanah dan Mandiri yang kemudian dikenal CITRA Mandiri.

Berdasarkan visi tersebut, terdapat enam kata kunci yang dimaknai bahwa pendidikan yang diselenggarakan harus mampumenumbuhkembangkan setiap warga madrasah memiliki indikator sebagai berikut.

  1. Cerdas, ditunjukkan dengan memiliki kemampuan berpikir rasional, implementatif, komunikatif, dan solutif.
  2. Islami, ditunjukkan dengan kuatnya akidah, pemahaman dan pengamalan ajaran dan nilai-nilai agama, serta memiliki karakter akhlakul karimah
  3. Terampil, ditunjukkan dengan memiliki kecakapan, kesanggupan, dan cekatan.
  4. Rajin, ditunjukkan dengan mempunyai keinginan yang tinggi, ketekunan, dan keuletan.
  5. Amanah, ditunjukkan dengan pribadi yang bertanggung jawab dan dapat dipercaya.
  6. Mandiri, ditunjukkan dengan memiliki prakarsa dalam berpikir, bertindak, dan bersikap.

B. Misi MAN 1 Bantul

Kementerian Agama dalam menyelenggarakan pendidikan Madrasah Aliyah (MA) memiliki misi antara lain : memperkuat identitas pendidikan MA,meningkatkan pemerataan dan perluasan akses pendidikan bagi anak usia sekolah MA, meningkatkan mutu dan relevansi pendidikan pada MA dan meningkatkan kualitas tata kelola dan akuntabilitas lembaga pendidikan MA. Berdasarkan pada misi kelembagaan madrasah secara umum tersebut dan memperhatikan aspirasi dan harapan-harapan stakeholders maka misi untuk penyelenggaraan pendidikan di MAN 1 Bantul dirumuskan sebagai berikut.

  1. Meningkatkan tata kelola proses pembelajaran yang didukung oleh pendidik dan tenaga kependidikan yang kompeten dan profesional.
  2. Mewujudkan pribadi muslim yang teguh berakidah, bertaqwa, berakhlakul karimah, serta konsisten mengamalkan syariat Islam dalam rangka moderasi beragama
  3. Meningkatkan pengelolaan pembelajaran keterampilan yang didukung oleh ketersediaan fasilitas dan kerjasama dengan lembaga eksternal.
  4. Meningkatkan pembinaan bakat dan menumbuhkembangkan potensi, kemandirian siswa, serta daya kompetisi.
  5. Meningkatkan pengelolaan pendidikan berbasis layanan prima, transparan, dan akuntabel berbasis teknologi.
  6. Mewujudkan lingkungan madrasah yang kondusif, ramah, serta sehat secara jasmani dan rohani.
  7. Mewujudkan pendidikan yang mengintegrasikan profil pelajar Pancasila serta profil pelajar Rahmatan lil „alamiin.

C. Tujuan MAN 1 Bantul

Berdasarkan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Pendidikan Nasional, tujuan pendidikan nasional adalah untuk mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab, maka tujuan pendidikan MAN 1 Bantul adalah sebagai berikut.

  1. Meningkatkan kualitas pengelolaan pembelajaran melalui optimalisasi strategi (metode) yang variatif, penguatan fungsi perpustakaan, dan penerapan teknologi (digitalisasi).
  2. Meningkatkan kualitas keimanan, ketakwaan, dan pengamalan ajaran/ syariah Islam serta perilaku yang mencerminkan akhlakul karimah dan moderat.
  3. Meningkatkan kualitas pembelajaran keterampilan melalui intensitas praktik lapangan, penyediaan sarana prasarana dan uji kompetensi terstandarisasi serta kemitraan dengan Dunia Usaha (DU) dan Dunia Industri (DI) serta lembaga lintas sektoral.
  4. Meningkatkan capaian kompetensi lulusan yang berdaya saing pada pendidikan lanjutan, penyerapan lapangan kerja, dan kemandirian berwirausaha.
  5. Meningkatkan pembinaan tumbuh kembang, bakat, dan potensi sebagai aktualisasi diri, pencapaian prestasi
  6. Meningkatkan layanan publik berbasis layanan prima, transparan, akuntabel, dan berorientasi pada kepuasaan publik.
  7. Meningkatkan budaya literasi, pendidikan anti korupsi, dan menciptakan lingkungan madrasah yang ramah anak serta bebas dari Narkotika, Alkohol, Psikotropika, dan Zat Adiktif lainnya (NAPZA).
  8. Meningkatkan pembentukan karakter profil pelajar Pancasila dan profil pelajar rahmatan lil „alamiin.