Dalami Nilai Keragaman, Siswa MAN 1 Bantul Bahas Ayat dan Hadis dalam Kegiatan P5RA

Bantul (MAN 1 Bantul) – Program Penguatan Profil Pelajar Rahmatan lil ‘Alamin (P5RA) tema 1 Kearifan Lokal terus berlanjut di MAN 1 Bantul. Pada Kegiatan 3 adalah Literasi Al-Qur’an dan Hadis, peserta didik Fase kelas FD 7 mengikuti pembelajaran yang menekankan pemahaman nilai keragaman melalui ayat-ayat Al-Qur’an dan hadis. Kegiatan diawali dengan fasilitator melakukan pengecekan kehadiran peserta didik di kelas FD 7. Selanjutnya, seluruh peserta didik berkumpul sesuai kelompok masing-masing dan mendapatkan penjelasan singkat mengenai tujuan kegiatan hari ini. Jum’at (1/8/2025)

Dalam sesi literasi ini, setiap kelompok mencari dua ayat Al-Qur’an atau hadis yang membahas tentang keragaman. Setelah menemukan rujukan ayat atau hadis, peserta didik menuliskan teks tersebut dan menggali kandungan makna yang terkandung di dalamnya. Proses ini mengajak mereka untuk memahami bagaimana ajaran Islam menempatkan keragaman sebagai salah satu bentuk kekayaan umat manusia. Diskusi kemudian berlanjut pada pembahasan mengenai keragaman budaya Jawa, termasuk bagaimana para penyebar Islam di masa lalu menghargai budaya lokal yang sudah ada. Peserta didik saling bertukar pendapat, merumuskan kesimpulan, dan menuangkannya ke dalam lembar kerja yang dibagikan fasilitator.

Sebagai penutup, setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusinya di hadapan kelompok lain. Melalui presentasi ini, peserta didik tidak hanya berlatih literasi Al-Qur’an dan hadis, tetapi juga mengasah kemampuan berpikir kritis, bekerja sama, dan menghargai perbedaan pendapat ungkap Mafrudoh, S.Ag, M.Pd.I Kepala MAN 1 Bantul. Fasilitator menyampaikan bahwa kegiatan ini diharapkan dapat menanamkan pemahaman tentang nilai toleransi, keragaman, dan kearifan lokal, sehingga peserta didik mampu meneladani penyebar Islam di Jawa yang berdakwah dengan santun dan menghargai budaya setempat.

Fasilitator menambahkan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk menanamkan nilai toleransi, keragaman, dan kearifan lokal, agar peserta didik mampu meneladani para pendakwah Islam terdahulu yang menyebarkan ajaran dengan santun dan inklusif. Selaras dengan semangat madrasah, kegiatan ini mencerminkan nilai-nilai CADAS BERKELAS: Cerdas, Agamis, Demokratis, Adaptif, Smart; Berkarakter, Cinta Lingkungan, dan Anti Diskriminasi. (Dw)