Bantul (MAN 1 Bantul)— Guru MAN 1 Bantul, Suharyono, mengikuti pelatihan penggunaan aplikasi Gamilab dalam kegiatan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Geografi Madrasah Aliyah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Kegiatan berlangsung pada Senin (17/11) di Pondok Pesantren Al Muna 2, Imogiri, dan dihadiri oleh para guru geografi dari berbagai madrasah aliyah se-DIY.Pelatihan ini bertujuan meningkatkan kompetensi guru dalam memanfaatkan platform pembelajaran digital sebagai bagian dari inovasi pembelajaran abad ke-21. Aplikasi Gamilab, yang dikenal sebagai platform berbasis permainan edukatif (game-based learning), memberikan pengalaman belajar yang interaktif dan menyenangkan bagi siswa. Melalui pelatihan tersebut, para guru diperkenalkan dengan fitur-fitur utama Gamilab serta praktik membuat konten pembelajaran yang kreatif dan mudah diakses siswa.

Kepala MAN 1 Bantul, Mafrudah, memberikan apresiasi penuh atas keterlibatan guru dalam kegiatan peningkatan kompetensi ini. Ia menekankan bahwa guru masa kini harus terus beradaptasi dengan perkembangan teknologi agar pembelajaran tetap relevan dan berdampak.
“Guru harus adaptif. Dunia pendidikan bergerak cepat, dan teknologi menjadi bagian penting dalam proses pembelajaran. Melalui pelatihan seperti ini, saya berharap guru-guru MAN 1 Bantul semakin siap merancang pembelajaran yang kreatif, inovatif, dan sesuai kebutuhan zaman,” ungkap Mafrudah.
Ia juga menambahkan bahwa kemampuan beradaptasi bukan hanya tentang menguasai aplikasi, tetapi juga tentang kesiapan mental dan kemauan untuk terus belajar.
“Adaptif berarti mampu merespons perubahan dengan sikap positif dan solusi yang tepat. Saya bangga guru-guru kami selalu berusaha mengembangkan diri,hal ini sudah sangat sesuai dengan tagline CADAS BERKELAS” imbuhnya.
Dengan pelatihan ini, MAN 1 Bantul berharap praktik pembelajaran digital semakin optimal dan mampu meningkatkan motivasi serta hasil belajar peserta didik. Kegiatan MGMP Geografi MA DIY ini menjadi momentum penting bagi guru untuk melangkah lebih jauh dalam transformasi pembelajaran. (dyn)

