
Bantul — (MAN 1 Bantul) MAN 1 Bantul terus menguatkan budaya membaca dan menulis melalui program Pojok Literasi, yang menjadi bagian dari kegiatan literasi rutin madrasah. Program ini dilaksanakan setiap hari Senin, satu kali dalam sebulan, dan diikuti oleh seluruh kelas. Begitu juga dengan kelas XII Fase Lanjut 7 yang juga melaksanakan kegiatan literasi, yaitu membuat Pojok Literasi dengan bantuan aplikasi Canva pada hari Senin (12/08/2025) pada jam pertama bertempat di Gedung Baru MAN 1 Bantul
Dalam prosesnya, siswa memanfaatkan aplikasi Canva untuk membuat desain visual yang menarik, mulai dari poster, hiasan dinding, hingga tata letak rak buku. Pemanfaatan teknologi ini diharapkan membuat pojok literasi semakin estetik dan mendorong siswa lain untuk tertarik membaca.
Kepala MAN 1 Bantul, Mafrudah, menyambut baik inisiatif tersebut. “Program literasi ini sangat bermanfaat untuk membentuk generasi yang gemar membaca, berpikir kritis, dan kreatif. Saya mengapresiasi semangat siswa dan guru yang terus menjaga keberlangsungan kegiatan ini,” ujarnya.
Wali kelas 12 Fase Lanjut 7, Kartika Nur Oktaviani, S.Si., juga memberikan dukungan penuh. Menurutnya, keterlibatan siswa secara langsung dalam merancang dan mengelola Pojok Literasi akan menumbuhkan rasa memiliki sekaligus menambah semangat belajar mereka.

Adanya kegiatan literasi di madrasah memberikan berbagai manfaat, antara lain: 1) Meningkatkan minat baca siswa melalui akses bacaan yang mudah dijangkau., 2) Mengembangkan keterampilan berpikir kritis dan kreatif melalui diskusi dan pengolahan informasi., 3) Menciptakan lingkungan belajar yang kondusif dengan suasana kelas yang inspiratif., 4) Menumbuhkan kebiasaan belajar mandiri di luar jam pelajaran., dan 5) Memperkuat karakter positif seperti disiplin, tanggung jawab, dan rasa ingin tahu.
Adapun, kegiatan pembuatan Pojok Literasi di MAN 1 Bantul oleh kelas XII Fase Lanjut 7 dilaksanakan melalui tahapan sebagai berikut: 1) Perencanaan – Guru dan siswa menentukan tema, konsep desain, serta daftar bahan bacaan yang akan disediakan.; 2) Pengumpulan Bahan – Siswa membawa buku, majalah, karya tulis, atau artikel untuk mengisi pojok literasi., 3) Desain Visual – Menggunakan Canva atau alat kreatif lainnya untuk membuat poster, infografis, dan hiasan., 4) Penataan Ruang – Menata rak buku, meja, karpet, dan dekorasi sesuai konsep yang disepakati., 5) Pemasangan Elemen Desain – Poster dan hiasan ditempel untuk memperindah pojok literasi., 6) Evaluasi dan Peresmian – Kelas bersama guru meninjau hasil akhir dan memastikan pojok literasi siap digunakan., dan 7) Pemeliharaan – Siswa secara bergantian bertugas merawat, membersihkan, dan memperbarui isi pojok literasi setiap bulan.
Dengan pelaksanaan yang rutin dan dukungan seluruh warga madrasah, Pojok Literasi di MAN 1 Bantul diharapkan dapat menjadi pusat kreativitas, pengetahuan, dan inspirasi bagi semua siswa. (kno)