Bantul (MAN 1 Bantul) – Guru-guru MAN 1 Bantul telah menyelesaikan Survei Lingkungan Belajar (Sulingjar) lebih awal dari jadwal yang ditetapkan. Survei yang berlangsung dari Rabu (11/9/2024) hingga Selasa (24/9/2024). Namun guru-guru MAN 1 Bantul sudah menuntaskan tugas mereka pada Minggu (22/9/2024). Sulingjar adalah alat evaluasi yang digunakan untuk memetakan aspek-aspek pendukung kualitas pembelajaran di lingkungan satuan pendidikan.
Survei Lingkungan Belajar ini bertujuan untuk mengumpulkan informasi tentang faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa dari aspek input dan proses pembelajaran. Hasil dari survei ini menjadi indikator dalam menilai sejauh mana satuan pendidikan mampu memfasilitasi belajar siswa melalui beberapa faktor, seperti:
- Proses pembelajaran yang berkualitas
- Guru yang secara konsisten merefleksikan dan memperbaiki praktik pengajaran
- Kepala satuan pendidikan yang menerapkan kebijakan berfokus pada kualitas pembelajaran
- Iklim pendidikan yang aman, menghargai keragaman, dan inklusif
Kepala MAN 1 Bantul, Khoiriyatun, S.Pd., M.Sc., menyatakan rasa bangganya atas pencapaian ini. “Penyelesaian Survei Lingkungan Belajar lebih awal mencerminkan dedikasi dan tanggung jawab guru-guru MAN 1 Bantul dalam mendukung evaluasi dan peningkatan kualitas pembelajaran di madrasah. Ini adalah langkah penting menuju peningkatan hasil belajar siswa dengan memperbaiki lingkungan dan proses pembelajaran,” ungkap Khoiriyatun.
Survei Lingkungan Belajar mencakup sembilan dimensi utama yang dianggap mempengaruhi hasil belajar siswa, yaitu:
- Latar belakang sosial-ekonomi murid
- Kualitas pembelajaran di kelas
- Refleksi dan perbaikan pembelajaran oleh guru
- Kepemimpinan instruksional
- Iklim keamanan di satuan pendidikan
- Iklim kebinekaan di satuan pendidikan
- Iklim kesetaraan gender
- Iklim inklusivitas
- Dukungan orangtua dan murid terhadap program satuan pendidikan
Dengan hasil survei ini, MAN 1 Bantul akan dapat mengidentifikasi kekuatan serta area yang memerlukan perbaikan, guna menciptakan lingkungan belajar yang lebih efektif dan inklusif. (mry)