Bantul (MAN 1 Bantul) – Dalam rangka menyongsong Tahun Ajaran 2025/2026, MAN 1 Bantul mengadakan kegiatan Review dan Evaluasi Draf Kurikulum pada Jum’at (11/04/2025). Kegiatan ini dilaksanakan di ruang pertemuan Aula MAN 1 Bantul dan diikuti oleh Tim pengembang Kurikulum MAN 1 Bantul, ang terdiri dari para wakil kepala madrasah,dan staf, kepala tata Usaha, dan sebagian guru mapel.
Acara dibuka oleh Plt. Kepala MAN 1 Bantul, Bin Umaryati, yang dalam sambutannya menekankan pentingnya peninjauan kurikulum sebagai bagian dari upaya peningkatan mutu pendidikan. Ia juga mengapresiasi partisipasi aktif seluruh guru dalam proses penyusunan dan evaluasi kurikulum agar tetap relevan dengan kebutuhan zaman.
“Kurikulum bukan sekadar dokumen administratif, tapi ruh dari proses pembelajaran. Oleh karena itu, perlu terus dievaluasi dan disesuaikan dengan dinamika kebutuhan peserta didik serta kebijakan nasional,” ujar Bin Umaryati.
Sebagai narasumber dalam kegiatan ini, hadir Pengawas Madrasah dari Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bantul, Bapak H. Sumarna.S.Pd.M.Pd. Dalam sambutan sekaligus ulasannya, beliau memberikan sejumlah masukan konstruktif terkait draf kurikulum yang telah disusun oleh tim MAN 1 Bantul.

“Saya melihat draf kurikulum ini sudah cukup baik, namun perlu diperhatikan beberapa hal seperti penyesuaian capaian pembelajaran, integrasi profil pelajar Pancasila, serta penguatan projek penguatan karakter. Kurikulum harus adaptif terhadap perubahan dan mendukung peserta didik agar lebih aktif, kreatif, dan berakhlak mulia,” jelas Sumarna.
Beliau juga mengingatkan pentingnya sinkronisasi antara kurikulum madrasah dengan arah kebijakan Kementerian Agama serta kebutuhan masyarakat, agar lulusan madrasah memiliki daya saing dan keunggulan tersendiri.
Hasil dari evaluasi ini akan menjadi dasar dalam penyempurnaan kurikulum sebelum diterapkan pada tahun ajaran mendatang.
Dengan adanya kegiatan ini, MAN 1 Bantul menunjukkan komitmennya dalam terus meningkatkan kualitas pembelajaran melalui perencanaan kurikulum yang matang dan berorientasi pada masa depan peserta didik.(ning).