Bantul, (MAN 1 Bantul) – Dalam upaya meningkatkan kualitas layanan administrasi madrasah, Kepala Tata Usaha MAN 1 Bantul, Martiningsih, S.Pd.I., menyatakan komitmennya untuk terus mengembangkan tata kelola administrasi yang lebih profesional dan efektif. Hal ini disampaikan dalam kegiatan Pokja Kepala Tata Usaha Madrasah Negeri Kabupaten Bantul, yang diadakan di Warung Omah sawah (WOS), Selasa (18/2/2025) dan dihadiri oleh Kepala Tata Usaha madrasah negeri se-Kabupaten Bantul.
Kepala Tata Usaha MAN 1 Bantul, Martiningsih, S.Pd.I., mengatakan pentingnya peran tata usaha dalam mendukung kelancaran operasional madrasah.
“Administrasi yang baik adalah kunci keberhasilan madrasah dalam memberikan layanan pendidikan yang optimal. Melalui kegiatan Pokja ini, kami terus belajar dan beradaptasi dengan sistem terbaru, termasuk dalam penggunaan EMIS dan implementasi perjanjian kinerja,” ujarnya.
Kegiatan ini juga mencakup sosialisasi EMIS (Education Management Information System) yang bertujuan untuk meningkatkan akurasi dan validitas data madrasah. Selain itu, sesi Break Down Perjanjian Kinerja Tahun 2025 menjadi fokus utama untuk menyelaraskan target kinerja tata usaha dengan kebijakan Kementerian Agama.
Dalam diskusi yang berlangsung, Martiningsih menyampaikan bahwa MAN 1 Bantul berkomitmen untuk terus meningkatkan efektivitas layanan administrasi melalui pemanfaatan teknologi digital dan peningkatan kompetensi SDM tata usaha.
“Kami siap mengoptimalkan sistem administrasi madrasah dengan lebih profesional, akuntabel, dan berbasis teknologi. Harapannya, ini dapat memberikan dampak positif bagi seluruh ekosistem pendidikan di MAN 1 Bantul,” tambahnya.
Dengan adanya kegiatan Pokja ini, Kepala Tata Usaha madrasah negeri di Bantul diharapkan dapat saling bersinergi dalam menciptakan tata kelola yang lebih baik demi kemajuan pendidikan madrasah.(ning).